Temen gue PNS


Sist, gue lolos cpns kementerian ini. Sumpah semalem gue gabisa tidur nungguin pengumuman. Dag dig dug udah gue pasrahin banget semua sama Yang di atas.

Sementara di ujung telpon yang lain, temennya nahan napas panjang.

Sialan! Wkkw


Judul tulisan ini saya piker paling aneh diantara yang lain. Fenomena lucu dan biyasak banget di Indonesia. Hari gini, siapa sih yang ngga ngimpi jadi pns? Siapa yang yang ngga kebayang gaji tetap, ga ribet mikir nyari kerja, cadangan SK bisa buat jaminan bank. Oke deh, abaikan yang ngga kepengen. Tapi 1 dari 3 orang di Indonesia kepingin jadi pns karena status sosialnya yang lumayan dan gajinya yang tetap dan stabil, tetap menyenangkan maksudnya. Hhe.

PNS udah jadi kerjaan andalan yang katanya bisa menjamin kehidupan. Gitu sih kata orang tua yang agak kolot. Asal bisa bawa SK PNS nya semua anak lakik bisa nglamar anak gadisnya. Wkwk. Beberapa aja sih sebenernya. Padahal, untuk jadi kaya – yang paling direkomendasiin sama Nabi Muhammad adalah, yaps, dagang aja. 



Kalo pengen kaya ya dagang. Tapi kalo pengen gaji stabil, ya pns aja. Wkwk teteup kan ya.

Tahun ini badan kepegawaian Negara emang buka formasi cpns besar-besaran. Dengan hamper seluruh instansi buka formasi. Hasilnya. Hamper seluruh lulusan perguruan tinggi tumpah ruah ikutan seleksi calon pegawai negeri. Berbondong-bondong temen-temen saya, termasuk saya juga sih, ikut seleksi ini. Semua orang pake item putih. Mulai dari daftar kemenkeu, kemenkumham, kemendikbud, bpn, kejaksaan, mahkamah agung, dan masih banyak lagi yang lain.

Itu belum diitung juga formasi regular non pns yang dibuka masing-masing instansi. Jadi taun ini emang taun ribet bukaan pegawai Negara dan tetep aja pesertanya ribuan. Udah jadi jelas kan betapa pekerjaan ini emang diminati semua orang? Entah karena inisiatif sendiri atau obsesi orang tuanya.

Oke, saya bukan mau bahas pns nya sih. Saya cuman mau mbahas, temen gueee keterima jadi pns.

Sebel nggak sih ngedengernya?

Sirik nggak?

Terharu atau kezel tingkat dewa sih kalian waktu tau temen deket kalian, yang biasa idup lontang lantung sama kalian, yang biasa makan nasi kucing sehari sekali sama kalian, yang biasa ngimpi ngayal tinggi tiap hari sama kalian, tiba-tiba di suatu waktu ngabarin betapa beruntungnya mereka bisa lolos diantara ribuan orang di seleksi ini dan kalian enggak lolos?

Apa coba reaksi yang harus kalian kasih buat mereka?

Oke. Kalo saya sih pertama kali Cuma bisa bilang. Semoga ini Cuma ngimpi dia siang bolong. Pliss gue gamauuu banguuun !! Wkwk 

sedih sedih sedep dengernya. 

Iya sih, pns emang bukan kerjaan impian. Tapi sadar nggak sih, pns bisa ngerubah strata orang jadi agak luar biasa dalam semalam. Abaikan keengganan saya mengakui temen-temen saya ini emang luar biasa. Wkwk. Saya rasanya cuman kayak ditegur sama Tuhan biar gaboleh takabur dan ngrasa sombong sama orang. Allah bisa loh ngerubah derajat orang dalam semalam, dan see, gampang banget emang ngebolak balik beginian. Kita nggak tau apa yang mereka udah lakuin, apa perjuangan yang mereka udah rasain, dan tiba-tiba ALLAH ngerubah strata mereka cuman dalam satu malam gara-gara kalimat “woooooi gue keterima pns”. Wkwk lucuk banget sumpah. Akhirnya kita berubah jadi remah-remah  krupuk di hadapan mereka. Wkwk

Tapi terlepas dari mimpi siang bolong tadi. Saya sebenernya bersyukur, temen-temen saya yang berdedikasi tinggi dan sayang sama keluarganya ini dikasih rejeki yang luar biasa. Tandanya Allah sama sayangnya sama mereka. Jelas dong, dengan bukti ini, saya jadi ngeliat lagi – Allah mau temen temen saya berubah jadi tambah baik, lebih baik, dan terus lebih baik lagi.

Komentar temen yang lain? Jelas. Pasti banyak yang sirik. Karena jelas keberuntungan selalu menarik pihak sirik dan dengki buat komentar. Jadi, abaiin aja omongan jelek-jelek yang ada di belakang.

Terlebih lagi, saya harusnya emang harus bahagia dan ikut seneng waktu mereka ikut seneng. Mendoakan yang terbaik buat orang-orang yang disayang termasuk kebaikan juga kan? Jadi, selamat ya buat kalian. Semoga kalian tetep amanah dan berdedikasi tinggi seperti biasa.

Akhirnya temen gue jadi pns, Wkwk .