Kesempatan baik nggak dateng sekali




Jangan keluar ih. Eman-eman
Ntar kamu kerja dimana dong? Nggak nyesel?
Kesempatan disono cuman sekali loh.
*iya disono sekali. Pintu lain masih banyak kok

Kesempatan selalu datang, berkali-kali. 

Beneran.  Suer. 

 Setiap perjalanan yang kalian lakukan, mau nyenengin kek, nyusahin kek, pertemuan, perpisahan, membawa konsekwensi suatu kesempatan bagi kalian untuk merasakan sesuatu yang baru, bertemu dengan orang baru, mencoba hal baru, semua yang baru-baru. Kans nya banyak. Tidak ada suatu hal di dunia ini yang pergi tanpa diganti dengan hal yang lebih baik. Itu janji Allah. Kalau kata Tere Liye, yang datang memang akan selalu lebih baik daripada yang udin pergi. Jadi jangan disesali terlalu dalem, atau ditangisi terlalu lama.

Kalau kata Umar bin Khattab, Jangan bersedih atas apa yang telah berlalu, kecuali jika itu bisa membuatmu bekerja lebih keras untuk apa yang akan datang.

Mungkin dalam hidup kita pernah ngrasa, ada satu kesempatan yang kelewat, gak sempet kita icip, gagal kita masukin, sesuatu yang berat kita lepas, atau apapun yang gak kesampaian. Akhirnya kita berkesimpulan bahwa kita udah nggak bakal lagi dapet kesempatan yang sama, kita kehilangan kesempatan, gue takut nih kalo gini gitu, gue khawatir kalau rejeki gue nggak kayak dulu, dunia kita udah hancur – gagal. Iya bener. HUSSSH! Jangan percaya semua perasaan tadi. Itu tipuan bombastis yang kalo kalian percaya bikin idup nggak pede.

Kamu emang nggak bakal dapet kesempatan yang sama kayak kemaren-kemaren. Yang udah kerasa nyebelinnya, yang udah jelas duitnya seberapa, yang kayaknya menarik dan bonafid, tapi yakinlah wahai manusia kepada sang Pencipta, kalau satu pintu ditutup – akan ada banyak pintu terbuka karna kamu berusaha. Kamu bakalan dapet kesempatan lain yang lebih baik, lebih kece, dan lebih menantang. Kalo bukan sekarang kesempatan itu kamu dapet, mungkin kamu cuman suruh ngrasain yang lain dulu, belajar yang lain dulu, baru deh abis itu kamu dikasih kepercayaan di sesuatu hal yang kamu pengenin tadi. Percaya deh, saya nggak lagi ngibul. Tolong garisbawahi, asal pake usaha yang gigih. 



Ini persis yang dibilang Al-Hakim al-Tirmidzi dalam kitab Adab al-Nafs yang nyebutin, "Kalau engkau tak berjuang, pertolongan takkan datang”. Intinya, kesempatan tidak datang mak bedunduk atau murni atas keberuntungan kamu. Kesempatan adalah jalan yang kamu gali, kamu usahain sendiri. Dia adalah jalan berulang yang udah kamu upayain dari dulu, relasi, pengalaman, kepercayaan, dan masih banyak lagi aspek lain. Kalau kamu ditolak di satu tempat, jangan nyerah. Maju lagi. Capek dikit lakuin. Kringetan banyak jabanin. Namanya juga usaha, kagak ada yang enak. Abis kamu dapet hasilnya, kamu pasti tau apa gunanya usaha. Manis pakbuk. Hehe.

Hal paling positif yang bisa diambil ketika kita ngrasa kesempatan bagus kita diambil dari suatu moment adalah, hikmah hidup. Ya itulah idup. Gakbisa kita terus berdiri di satu titik aja. Ada satu moment kamu harus milih, mau nglepas atau bertahan. Kamu harus pergi atau yang ditinggal pergi. Ada satu moment kamu harus milih, kamu yang milih atau kamu jadi pilihan. Ya begitulah.

Mau gak mau, sampe pada satu titik, pas kamu flashback akhirnya kamu sadar – ternyata pilihan yang kamu ambil memang menawarkan kesempatan yang lebih besar di luar sana. Tangga yang baik buat naik ke suatu tempat. Step latihan buat kamu sampai di titik ini sambal bilang. Pilihan gue ternyata bener! Dan gue nggak nyeseeeeeel! Thanks GOD! Kesempatan yang baik gitu semacam hadiah dari Tuhan, kayak kasih sayang Tuhan, nggak mungkin datengnya Cuman sekali dua kali. Dia pasti datengnya berkali-kali. Tergantung kamu mau sadar apa enggak. Percaya kalo kesempatan cuman dateng sekali cuman di kepala orang-orang picik, orang negative thinking. Mungkin  dia terlanjur nggak percaya diri sama dirinya dan Tuhannya.

Kalau boleh dikecualikan, satu-satunya kesempatan yang tidak datang dua kali adalah hidup itu sendiri. Kehidupan kita memang hanya satu kali. Kalo udah abis napas yaudah kelar. Gak ada itu balik lagi kayak drama korea goblin. Mati ya kelar aja. Maka penting bagi setiap orang memberikan nasihat pada yang lainnya, juga bagi diri sendiri, untuk terus melakukan hal-hal yang bermanfaat, yang baik, yang berguna bagi orang lain, yang bisa jadi bekalnya di akhirat.

Intinya semuanya cuman di rasa syukur kok. Pandai-pandai bersyukur bikin kamu jadi orang yang legowo, berhati lapang, tenang, dan focus di semua jalan yang kamu lalui. Dimanapun kamu ada, dimanapun kamu ngelakuin aktifitas, asal kamu anggep itu adalah kesempatan yang terbaik buat kamu – pasti kamu bakal dikasih kesempatan yang lain lagi ngembangin kemampuan kamu.
               
                Jadi, kalau suatu saat nanti kalian bingung harus milih satu dari dua kesempatan yang baik. Milih kerja di tempat ini atau itu. Milih hal ini atau itu. Asal sama-sama hal baik. Jangan takut milih. Memilih salah satu hal dari dua hal yang bagus adalah sama-sama bagusnya. Yang satu bagus, satunya bagus. Jadi kamu mau milih apa aja pasti hasilnya bagus. Nggak usah ragu, nggak usah galau, kesempatan selalu di depan mata asal kita mau BUKA MATA AJA.  

Yang terakhir, penutup dari Umar Ibn Khattab, “Tidak ada rasa bersalah yang dapat mengubah masa lalu dan tidak ada kekhawatiran yang dapat mengubah masa depan.”