FASILITAS DI KAWAH IJEN

Buat temen-temen yang penasaran ada fasilitas apa sih di kawah ijen, kalian bisa baca disini. Yuk !

Beberapa temen yang mau nyobain naik gunung, atau for the first time naik gunung pasti punya beberapa kekhawatiran buat nyobain pertama kali naik atau ngedaki. Meskipun sudah pernah mengalaminya – kita juga perlu lho untuk memastikan ada fasilitas apa saja di suatu tempat dan bagaimana kondisi disana. Karena persiapan adalah hal yang terpenting buat travelling. Hal tersebut penting buat nyesuaiin fisik dan persiapan barang apa yang perlu dibawa.

Buat kalian perokok (yang katanya bisa ngilangin laper capek), meskipun ga banyak penjual makanan kecil, ada beberapa resto atau kafe perhentian di tempat parkir sebelum pos pendakian, resto tersebut menyediakan segala macam hal termasuk makanan, toilet dan minuman hangat. Jadi sebelum naik atau sesudahnya kalian bisa sarapan atau sekedar istirahat disana.





Buat kalian yang lupa ga bawa perlengkapan atau ngrasa kurang hangat, disana juga disediakan tempat penyewaan jaket, masker oksigen dan lain-lain kok. Beberapa dari mereka bahkan ada yang  nawarin keliling perlengkapan tersebut buat disewa. Intinya secara akses dan peralatan disana sudah lengkap.

Takut haus atau laper karena lupa beli air minum ? di pos awal setelah beberapa meter penanjakan, ada kios kecil yang beneran kecil tapi cukup buat ngumpulin energi buat naik lagi.




Takut mules pas lagi naik gunung dan harus BAB di tanaman? Oh gaperlu khawatir. Ini juga jadi salah satu kekhawatiran saya karena terakhir kali naik ke gunung prau nggak ada toilet di pos dan di puncak. Di gunung andong yang notabener ga begitu tinggi, sikunir juga begitu. Kalian nggak perlu nahan BAB atau Buang air kecil karena disana disediain toilet bahkan di puncak.

Buat yang muslim, shalatnya dimana dong kalo subuh ? dengan estimasi naik kawah ijen jam 2 pagi, naik 2 jam, jam 4 sudah masuk waktu subuh. Ini juga yang jadi kekhawatiran utama saya, saya harus shalat dimana  ya ? alhamdulillahnya, di puncak selain ada toilet – juga disediakan beberapa gubug yang bisa dipake pendaki. 1 gubug buat jualan air hangat dan popmie kayak angkringan gitu, gubug Tengah buat shalat, dan sisanya bisa dipake buat istirahat kalau ada yang ngrasa kedinginan karna anginnya beneran kenceng.

Buat kalian yang mau shalat juga digampangin banget. Penjaga toiletnya udah nyediain kendi khusus buat wudhu yang bisa kalian minta isi ulang air. Fyi, di puncak dingin dan anginnya kenceng banget jadi air yang dikit aja udah cukup bikin kalian menggigil.

Fasilitas yang keren banget kan, udah ada becak buat hemat energi, pos yang nyediain makanan anget, musholla dan toilet. Selain itu di sepanjang jalan kawah ijen bagus dan keren. Harus dikasih apresiasi dan applause sih buat pengelola kawah ijen !

Semoga bermanfaat! 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida