TRIP HEMAT KE BANYUWANGI (1)

Buat kalian yang punya wishlist trip ke Banyuwangi, saya bakal sharing beberapa hal menarik soal trip kesana. Kemana dan berapa budget yang harus disiapin dari jogja ke Banyuwangi. Kalian ga perlu khawatir, buat trip darat & mandiri ke Banyuwangi, kalian ga perlu ngabisin uang banyak kok. Ternyata hemat-mat-mat!

Hal pertama yang paling penting buat dihitung ketika ketika melakukan perjalanan adalah biaya transport & akomodasi. 2 perhitungan tsb biasanya makan budget terbesar dibanding makan dan masuk tempat wisata. Ada 2 opsi buat kalian untuk kesana, bisa dengan kendaraan sendiri atau naik kereta dengan estimasi waktu 12 jam.

2 opsi tersebut sama-sama punya kelebihan dan kekurangan, dari segi biaya – pilihan transportasi kereta akan memakan biaya paling rendah & tidak menghabiskan energi terlalu banyak karena jam keberangkatan & kedatangan sudah jelas. Tapi yang perlu diperhatikan, di Banyuwangi tidak sama seperti Jogjakarta yang mudah mencari transport untuk wira wiri. Jam operasional pedagang pinggiran & pilihan tempat makan juga tidak begitu beragam, sehingga mobilitas kalian terbatas waktu. Biaya PP Jogja Banyuwangi kurang lebih hanya merogoh kocek Rp 350ribu, dan belum biaya tambahan kendaraan ke Lokasi penginapan atau tempat wisata ya! Jangan lupa untuk selalu mengecek kai access untuk mengetahui jadwal keberangkatan.




opsi yang kedua, dengan kendaraan pribadi atau sewa jelas lebih cepat, fleksibel dan bisa lanjut ke bali. Kelemahan dari opsi ini adalah, biayanya lebih banyak karena kita harus merogoh kocek tambahan untuk bensin tol dan biaya lain-lain seperti cuci mobil atau servis dadakan. Selain itu, jangan lupakan bahwa perjalanan ini tidak sebentar sehingga waktunya tidak bisa dipastikan serta membutuhkan istirahat lebih banyak.

Untuk ke Banyuwangi dari jogja, perkiraan waktu normal 10-12 jam bergantung kecepatan & ketepatan pengemudi. Hitungan tersebut belum ditambah waktu makan & istirahat. Biaya yang dibutuhkan untuk BBM kurang lebih Rp 1 juta, sedangkan biaya tol kurang lebih Rp 1.5jt rupiah. Angka tersebut dihitung dengan asumsi mobil kecil dan sudah sampai ke bali muter-muter ya temen-temen (enak kan ya)! Jika perjalanan itu dilakukan minimal 3 orang, maka bisa dibilang biaya tsb sudah cukup hemat dan efektif karena kalian bisa mudah menentukan akan kemana dan kapan berkendara.

Sekedar informasi buat temen-temen yang pingin nikmatin sensasi beda dari perjalanan ini saya saranin sih pake mobil pribadi aja! Kita bisa nikmatin jalanan sepi sepanjang probolinggo Banyuwangi dan pengalaman berdebar ketika melewati bajul mati (sebenernya ini sugesti orang-orang dan video youtube aja yang bikin deg-degan sepanjang jalan, padahal sebenarnya nggak ada yang perlu dikhawatirkan). Selain itu, pemandangan sepanjang Banyuwangi situbondo kita bakal ngelewatin pesisir Pantai yang  indah & keren.

Apa aja tempat menarik di Banyuwangi ? Check this out!

1.     Kawah ijen

2.     De djawatan

3.     Baluran

4.     Pantai (banyak)

Selain beberapa trip di atas, kalian bisa juga langsung datang ke Pelabuhan dan menyeberang bali. Namun jarak antara Pelabuhan bali dengan bali kota cukup jauh, kurang lebih 3 jam mobil, sehingga kalian perlu memikirkan transportasi dan perkiraan waktu untuk kesana.

Semoga cukup jadi referensi! 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida